Cara Mengatasi Permasalahan PC Hidup Monitor Mati
Cara Mengatasi Permasalahan PC Hidup Monitor Mati

Cara Mengatasi Permasalahan PC Hidup Monitor Mati
Cara Mengatasi Permasalahan PC Hidup Monitor Mati - Mengetahui penyebab dari permasalahan pc menyala monitor mati memang kerap sering sekali terjadi bagi pengguna komputer, tidak lain dari hal tersebut yaitu kerusakan internal maupun eksternal namun ada beberapa penyebab yang harus kamu ketahui dari permasalahan tersebut.

Diantaranya penyebab yang paling umum terjadi dari pc nyala monitor mati yaitu kurang terpasang dengan benar pada kabel VGA, dikarenakan begitu sering sekali pengguna komputer yang mengabaikan hal ini termasuk membeli kabel VGA, padahal peran kabel VGA ini sangat penting agar bisa terhubungnya pc dengan monitor.

Dan pendapat dari saya pribadi jika kamu yang ingin memilih untuk membeli kabel VGA pastikan kabel yang bagus yaitu berwarna biru tua dan kalau di gengam atau dipegang kabelnya sangat lentur.

Tentunya permasalahan monitor mati pc menyala bukan sepenuhnya faktor dari kabel VGA saja, namun ada lagi penyebab kerusakan lainnya yang menjadikan monitor tidak merespon pada saat pc sudah di nyalakan, mungkin kamu sedang kebingungan untuk mengatasinya karena memang sangat membingunkan penyebabnya jika monitor mati.

Untuk pengalaman saya sendiri, saya pun sudah pernah mengalaminya sampai-sampai hampir 2 bulan komputer saya biarkan begitu saja tanpa ada perbaikan, namun begitu saya kembali ingin aktif di dunia internet melalui komputer dan komputer pun mulai saya lirik kembali agar bagaimana caranya supaya monitor ini bisa hidup kembali.

Semua sudah saya pastikan permasalahnnya bukan ada di kabel VGA maupun dari monitor itu sendiri, karena monitor juga kadang-kadang suka merespon dengan menyala namun jika direstart monitor kembali tidak merespon sama sekali butuh waktu yang lama untuk menunggu monitor kembali menyala.

Dan awalnya saya mulai curiga permasalahan ini ada di komponen-komponen di dalam pc, nah pada saat itu saya mulai mencoba untuk mencari cari di mbah google, apa saja sih penyebab monitor mati padahal pc menyala, lalu di antaranya ada yang menjawab "bisa jadi penyebabnya di baterai CMOS", lalu tanpa berifkir panjang saya pun langsung membeli beterai CMOS karena harga nya juga cukup murah paling-paling cuman 7ribu.

Karena saya belinya online jadi cukup menunggu waktu berhari-hari hingga tiba barang tersebut datang kerumah, begitu barangnya sudah datang saya pun langsung bergegas untuk cepat-cepat memasangnya baterai CMOS ke dalam motherboard, dan memasangnya pun pake hati pelan-pelan karena sudah berfirasat monitor pasti menyala.

Begitu sudah dipasang dan kekecewaan pun kembali terjadi dikarenakan monitor tetap tidak mau menyala padahal pc sudah menyala, dan hal ini kembali membuat saya kembali kebingungan, akan tetapi saya tidak mau menyerah, saya coba kembali mencari-cari penyebabnya karena keinginan saya agar bisa kembali aktif di dunia internet.

Dan dihari berikutnya saya mulai melirik lagi ke komponen-komponen pc yang lain lalu saya merasa ada kejanggalan dan curiga ke harddisk, begitu saya coba sharing-sharing di teman-teman facebook sambil bertanya tanya "apa iya harddisk bisa menyebab terjadinya monitor tidak merespon?", nah disini saya dapat jawaban yang tepat namun belum menyelesaikan masalah.

Mereka pun membalas "Harddisk sangat kecil sekali terjadinya kerusakan paling-paling kalau terkena virus, dan tidak ada hubunganya dengan layar monitor" nah disini saya mulai mencari-cari lagi permasalahan yang ada, lalu dalam pikiran saya Harddisk sudah aman.

Dan salah satu orang ada yang menjawab "bisa jadi ke processor nya", nah disini saya mulai bimbang lagi dan penasaran, sampai-sampai pc saya bongkar total untuk melihat komponen processor di dalamnya, begitu saya berfirasat dalam hati "apa iya processor penyebabnya" lalu saya bergegas untuk mencarinya di mbah google dan ada kata-kata "iya memang ada faktornya".

Tanpa berfikir panjang, saya pun langsung membeli processor dengan type pada saat itu saya menggunakan Processor E8400 kurang lebih seharga 100ribu. 

Begitu sudah dipasang hal mengecewakan kembali terjadi, monitor sama sekali tidak merespon padahal pc sudah menyala, sesampai disini saya sudah merasa dirugikan sebesar 107rb, tetapi tidak masalah karena saya masih punya uang 500 rb yang memang ingin saya habiskan untuk keperluan supaya monitor ini bisa hidup kembali.

Dihari selanjutnya saya coba bertanya ke teman-teman offline "Woy lu tau gak cara benerinnya nih" ehh si kampret ngomongnya ngeselin "lu pake PSU murahan sih" .Nah pada saat itu saya memang awalnya ada ngarasa tidak sreg ke Powersupply pada pertama kali membeli karena emang iya PSU murahan seharga 100 ribu.

Dan saya coba kembali mencari-cari tau di mbah google yang terkait permasalahan dengan PSU, dan yang saya temukan ada kata-kata yang tepat yaitu "PSU seperti jantung", dan saya tau maksud itu, lalu saya mulai memutuskan untuk membeli PSU baru, namun saya hanya berganggapan untuk mengganti Powersupply saja, tetapi besar harapan saya agar monitor juga kembali menyala, dengan begitu saya membeli PSU yang lumayan mahal seharga 300ribu yaitu Fsp Hexa 400Watt.

Begitu sudah dipasang PSU nya tetap tidak ada tanda-tanda kehidupan, karena memang saya tidak terlalu berharap monitor ini bisa menyala pada saat membeli PSU.

Tidak berselang waktu lama saya mulai penasararan ke 2 faktor komponen termahal yaitu VGA dan Motherboard, dan saya berfikir moga-moga jangan sampai permasalahannya ada di Motherboard karena memang harganya lumayan mahal.

Kemudian saya mencoba untuk mencari info lainnya di forum-forum google ataupun di teman-teman media sosial, yang paling banyak di bahas hanyalah kabel vga saja, sampai-sampai kabel VGA juga jadi ikut kebeli karena penasaran juga dengan kabel VGA, tetapi hasil tetap ZONK!!.

Nah, pada saat itulah saya langsung memutuskan untuk mengganti Motherboard dikarenakan VGA menurut saya masih bagus karena masih bisa membuat monitor menyala walaupun hanya sebentar pada waktu itu.

Kemudian saya kembali membeli Motherboard dengan merk yang sama yaitu MSI G41M-P28 seharga kurang lebih 500rb, dikarenakan uang yang menipis saya lebih memilih untuk memberi waktu jeda dalam memperbaiki permasalahan ini.

Dan sebelumnya berbagai cara sebelum mengganti motherboard sudah saya lakukan dari mengikuti tutorial-tutorial di youtube seperti dijemur dicuci digosok disikat dicelup dijilat (eh kelebihan), akan tetapi tetap tidak ada efek apapun.

Begitu uang sudah terkumpul dan pada saat itu saya langsung bergegas untuk membeli motherboard.

Setelah barang sudah sampai dirumah kemudian saya langsung memasangnya dengan hati yang biasa-biasa saja tidak ada rasa senang sama sekali, karena saya takut tidak ada perubahan apapun dengan uang yang sudah dikeluarkan sebanyak ini. 

Begitu sudah terpasang dengan benar, sebelum dinyalakan saya pastikan kembali semua kabel sudah terpasang dengan rapih, begitu di tekan Power nya......

Semua rasa penasaran dan perjuangan telah terbayar lunas dikarenakan Monitor sudah kembali menyala dengan normal, namun disini saya tidak merasa senang sama sekali dikarenakan uang sudah habis, hanya saja hati ini sudah legah dengan artian Mission Completed.

Kesimpulan

Dari kesimpulan di atas kamu bisa menyimak permasalahan hal tersebut seperti monitor mati pc hidup, bisa di sebabkan karena kerusakan pada Motherboard yang pada awalnya menggunakan PSU Murahan.

Nah jika kamu merasa menggunakan PSU murahan buruan dari sekarang ganti sebelum menjalar ke komponen lainnya termasuk komponen Motherboard. Kerusakan ini sering sekali terjadi jika kamu berlama lama di depan komputer dengan menggunakan PSU yang tidak sesuai dalam artian murahan.

Akhir Kata

Demikianlah pengalaman saya pada permasalahan Monitor mati PC hidup dan ada satu lagi kode-kodenya jika permasalahan yang terjadi pada motherboard, yaitu salah satunya yang sudah telah kita baca sama-sama.

Seperti Monitor tidak merespon padahal pc sudah menyala, bila menyala namun jika dimatikan ataupun direstart dan pada saat di nyalakan, monitor tidak kembali merespon(tidak menyala), jika iya seperti itu sudah dipastikan Motherboard kamu rusak. Sekian sampai disini semoga bermanfaat.

Tidak Ada Komentar:

Centang "Beri Tahu Saya" untuk mendapatkan notifikasi komentar balasan.

Iklan Atas Artikel

Iklan2

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel