-->

Cara Menonaktifkan Ejaan Otomatis di Microsoft Word (Auto Correct)
Cara Menonaktifkan Ejaan Otomatis di Microsoft Word (Auto Correct)

Cara Menonaktifkan Ejaan Otomatis di Microsoft Word (Auto Correct)
Cara Menonaktifkan Auto Correct di Ms Word - Saat sedang menulis tulisan di Microsoft Word dalam mengerjakan tugas seperti membuat makalah, laparon, skripsi, proposal atau tulisan lainnya, yang dimana kita harus menulisnya dengan rapih dalam artian tidak ada kesalahan kata (typo) saat menulis terutama dalam membuat skripsi, dan seperti yang sudah kita ketahui bahwa ada kesalahan menulis 1 kata saja dalam membuat skripsi, mau tidak mau kita harus kembali mencetaknya untuk memperbaiki tulisan tersebut.

Seperti contoh tulisan yang terkena ejaan otomatis ini, misalkan kita ingin menulis "teh gelas" lalu tanpa kita sadari ternyata kata-kata tersebut merubah menjadi "the gelas", tentu saja hal seperti ini bisa sangat merepotkan jikalau tanpa kita sadari ternyata banyak tulisan-tulisan yang kita buat dengan salah ejaan, yang disebabkan oleh sebuah fitur yang bernama Auto Correct pada Microsoft Word tersebut.

Fitur auto correct ini merupakan fitur pembenaran ejaan otomatis, walaupun begitu dari namanya saja seperti pembenaran ejaan, namun ternyata pembenaran ejaan tersebut hanya berlaku untuk penggunaan dalam bahasa inggris, maka dari itu tentunya ada beberapa bahasa indonesia yang hampir-hampir mirip dengan bahasa inggris, yang dengan begitu dapat tergantikan dalam penulisan di word, seperti contoh ini misalkan,

  • Fokus » Focus
  • Hape » Have
  • Anda » And
  • Polisi » Police

Dalam penulisan bahasa indonesia apabila mendapatkan perubahan ejaan ke bahasa inggris tentu saja merupakan hal yang salah, oleh karena itu kita harus menonaktifkan fitur Auto Correct ini yang menyebabkan beberapa huruf yang mirip-mirip dengan bahasa inggris akan langsung tergantikan dalam penulisan, untuk dapat kembali mengetik secara benar tanpa ada perubahan kata maka kita harus mematikan fungsi ejaan otomatis ini.

Nah, pada kesempatan kali ini saya akan berbagi mengenai Cara menonaktifkan Ejaan Otomatis di Ms Word, dikarenakan pada Settingan default Ms Word memang sudah aktif dari pertama kali melakukan penginstalan di komputer, dan ternyata untuk cara menonaktifkannya pun tidak sulit kamu bisa langsung simak langkah-langkah berikut ini. Oke kalo begitu langsung saja.

Cara Nonaktifkan Ejaan Otomatis di Ms Word (Auto Correct)

Sebelum di mulai, cara ini bisa juga diterapkan pada Microsoft Word di semua versi seperti 2007, 2010, 2013 atau 2016. Dan berikut caranya.

  • Pertama-tama buka Microsoft Word kamu, lalu masuk ke halaman tulis.
  • Setelah itu klik menu Customize Quick Acces Toolbar untuk membuka opsi, lalu pilih More Commands..
Cara Menonaktifkan Ejaan Otomatis di Microsoft Word (Auto Correct)
  • Selanjutnya pilih opsi Proofing dan klik AutoCorrect Options, untuk menonaktifkan ejaan otomatis pada Ms Word.
Cara Menonaktifkan Ejaan Otomatis di Microsoft Word (Auto Correct)
  • Dan langkah terakhir kamu hanya perlu hilangkan centang pada Replace text as yout type.
Cara Menonaktifkan Ejaan Otomatis di Microsoft Word (Auto Correct)
  • Setelah itu jangan lupa klik Ok untuk menyimpan. Selesai.

Nah, bagaimana sangat mudah bukan? cara menonaktifkan fitur Auto Correct ini, dengan begitu kamu dapat kembali menulis tanpa khawatir ada kata-kata yang berubah seperti beberapa contoh di atas, maka dari itu kamu bisa mencoba dengan beberapa kata yang menyerupai bahasa inggris, apabila sudah tidak berubah berarti kamu sudah berhasil mematikan ejaan otomatis pada word.

Demikianlah pembahasan saya kali ini mengenai Cara menonaktifkan Ejaan Otomatis di Microsoft Word, dengan begitu pastinya kita tidak perlu takut lagi apabila ada kesalahan kata yang dapat merubah huruf secara otomatis, karena kamu bisa ikuti seperti cara ini. Semoga bermanfaat wassalam.

Kamu mungkin menyukai postingan ini

Tidak Ada Komentar:

Centang "Beri Tahu Saya" untuk mendapatkan notifikasi komentar balasan.

Iklan Atas Artikel

Iklan2

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel