-->

Cara Sinkronisasi Waktu di Komputer Dengan Waktu Internet
Cara Sinkronisasi Waktu di Komputer Dengan Waktu Internet

Cara Sinkronisasi Waktu di Komputer Dengan Waktu Internet
Menyamakan Waktu Komputer Dengan Waktu di Internet - Menggunakan komputer memang sangat diperlukan untuk keperluan masing-masing di setiap pengguna, akan tetapi mengatur waktu dalam menggunakannya pun merupakan suatu hal yang terpenting agar menjaga kesehatan dari keduanya. Oleh karena itu terkadang sering kali kita mendapati waktu komputer yang tidak sesuai dengan waktu yang sebenarnya, waktu pada komputer yang tidak sesuai biasanya dikarenakan oleh baterai cmos yang memang harus diganti.

Ataupun mungkin di saat kita mendapati waktu komputer yang tidak sesuai dengan waktu sebenarnya, dan biasanya untuk memperbaiki waktu komputer agar sesuai dengan waktu yang sebanarnya terkadang seseorang lebih memilih secara manual dengan mengandalkan waktu di jam tangan maupun di jam dinding untuk menyamakannya, padahal cara tersebut dinilai tidak akurat dan tidak tepat, karna perdetik ataupun permenit dari jam dinding satu dengan jam dinding yang lainnya bisa jadi berbeda-beda.

Oleh sebab itu sebenarnya ada cara yang lebih mudah untuk meng-sinkronisasi waktu komputer dengan waktu di internet, yang dengan demikian untuk mengatur waktu di komputer kita tidak perlu repot-repot menyisisipkan perdetik menit jam bahkan tanggal dan tahun, dikarenakan dengan melakukan sinkronisasi waktu pada komputer sudah secara otomatis mengikuti di waktu internet secara tepat dan akurat.

Nah, maka dari itu pada kesempatan kali ini saya akan berbagi mengenai cara sinkronisasi waktu komputer dengan waktu di internet, dikarenakan dinilai lebih praktis untuk menyamakan waktu yang sebenarnya pada komputer, dengan menyamakan waktu internet yang telah di sinkronisasi dengan waktu server time NTP (Network Time Protocol) agar mendapati waktu secara tepat dengan mengikuti waktu standar internasional.

Dan untuk itu, berikut ini kamu bisa langsung simak langkah-langkah nya supaya dapat melakukan sinkron waktu pada komputer dengan waktu di internet dengan cara mudah. Oke kalo begitu langsung saja.

Cara Sinkronisasi Waktu Komputer Dengan Waktu Internet

Untuk dapat mengsinkronisasi waktu komputer dengan waktu di internet ternyata caranya cukup mudah, dan kita bisa mengaturnya sendiri di bagian jam maupun di waktu pada komputer, berikut caranya.

  • Pertama-tama kamu klik pada bagian waktu, tanggal, bulan, tahun yang berada di bawah pojok kanan, kemudian klik Change date and time settings.
Cara Sinkronisasi Waktu di Komputer Dengan Waktu Internet
  • Kemudian disini kamu bisa melihat pada Time zone untuk menggunakan waktu WIB, kamu bisa menggantinya di Change data and time. Namun jika waktu tetap tidak sesuai kamu bisa langsung klik tab Internet Time untuk menyamakan dengan waktu di internet.
Cara Sinkronisasi Waktu di Komputer Dengan Waktu Internet
  • Setelah itu langsung saja klik Change settings untuk melakukan singkronisasi dengan waktu di internet.
Cara Sinkronisasi Waktu di Komputer Dengan Waktu Internet
  • Selanjutnya disini kamu bisa memilih server dari ke 5 server yang tersedia untuk menyesuaikan dengan waktu internet, misal time-b.nist.gov setelah itu klik Update now.
Cara Sinkronisasi Waktu di Komputer Dengan Waktu Internet
  • Jika sudah berhasil akan ada pemberitahuan The clock wa successfully synchronized, yang menandakan waktu sudah berhasil disinkron dengan waktu internet. Selesai.

Nah, bagaimana sangat mudah bukan? dengan begini kamu enggak perlu repot-repot menyamakan waktu komputer dengan jam dinding maupun jam eksternal lainnya yang terkadang berbeda-beda, maka dari itu dengan melakukan sinkronisasi waktu komputer dengan cara seperti ini dinilai sangat tepat dan akurat dengan waktu di internet.

Demikianlah pembahasan saya kali ini mengenai cara sinkronisasi waktu di komputer dengan waktu internet, dengan begitu jika komputer/laptop kamu terdapat waktu yang tidak sesuai kamu bisa langsung mencoba seperti cara ini. Semoga bermanfaat wassalam.

Kamu mungkin menyukai postingan ini

Tidak Ada Komentar:

Centang "Beri Tahu Saya" untuk mendapatkan notifikasi komentar balasan.

Iklan Atas Artikel

Iklan2

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel