-->

Cara Mematikan Komputer Secara Otomatis Tanpa Software
Cara Mematikan Komputer Secara Otomatis Tanpa Software

Cara Mematikan Komputer Secara Otomatis Tanpa Software
Cara Auto Shutdown Komputer Tanpa Software - Terkadang menggunakan komputer memang membutuhkan waktu yang tidak sebentar apalagi di saat sedang mendownload suatu file yang berukuran besar, prihal seperti ini sudah jelas sangat membutuhkan waktu berlama-lama hingga download tersebut selesai.

Akan tetapi coba bayangkan jika proses download belum kunjung selesai hingga larut malam dan dibatalkan pun sayang rasanya yang tinggal sedikit lagi selesai, namun apadaya jika mata sudah terasa berat mengantuk ingin rasanya cepat-cepat selesai.

Nah, tunggu dulu sebelum komputer dimatikan dengan hasil nihil seperti download-an gagal karena terburu-buru mematikan komputer, mungkin kamu bisa mencoba solusi yang tepat seperti pada judul pembahasan kita kali ini yakni cara mematikan komputer secara otomatis.

Dengan cara seperti ini kamu jadi bisa mengira seberapa lama proses download selesai lalu di saat bersamaan kamu bisa memberi timer untuk mengatur waktu di jam-jam tertentu supaya dapat mematikan komputer secara otomatis.

Dengan begitu kamu tidak perlu khawatir lagi jika di suatu saat proses download belum kunjung selesai hingga larut malam, maka kamu bisa menggunakan cara seperti untuk menentukan waktu supaya komputer dapat mematikan dengan sendirinya secara otomatis.

Ataupun dalam hal lainya mungkin kamu memang seseorang yang gemar mendengarkan musik di komputer sambil menemani waktu tidur, namun tanpa disadari kamu lupa untuk mematikan komputer di tengah malam yang dengan demikian menjadikan komputer terus menyala hingga pagi tiba.

Oleh sebab itu untuk dapat mengatasi hal tersebut kamu bisa menggunakan cara seperti ini yakni dengan memberikan waktu di jam-jam tertentu untuk mematikan komputer secara otomatis (Auto Shutdown) tanpa menggunakan software.

Dikarenakan meskipun banyak berbagai macam software yang menyediakan layanan auto shutdown, akan tetapi sebenarnya dari windows sendiri pun sudah memliki hal yang sama, lantas begitu kita tidak perlu lagi menggunakan aplikasi pihak ke-3. Nah, maka dari itu untuk dapat mengatur waktu komputer agar dapat mematikan secara otomatis ada beberapa langkah-langkah yang harus kamu lakukan. Oke kalo begitu langsung saja.

Cara Mematikan Komputer Otomatis (Auto Shutdown)

Sebelum di mulai ternyata cara ini juga bisa digunakan di semua windows, seperti windows 7, 8 maupun 10, dan berikut ini ialah cara mengatur waktu di jam-jam tertentu agar dapat mematikan komputer secara otomatis.

  • Pertama-tama buka jendela Command Prompt, kemudian masukkan perintah shutdown /s /t 3600, untuk menentukan waktu kamu bisa mengaturnya sendiri dengan mengunakan per detik, contohnya 3600 berarti 60 menit (1jam). Setelah sudah enter.
Cara Mematikan Komputer Secara Otomatis Tanpa Software
  • Jika sudah muncul notif seperti gambar di bawah ini, berarti menandakan timer sudah aktif dan hanya tunggal menunggu setelah sudah tiba waktunya komputer akan otomatis shutdown.
Cara Mematikan Komputer Secara Otomatis Tanpa Software
  • Berikut nya untuk Membatalkan Timer, misalkan kamu salah memasukan waktu yang ternyata tidak sesuai maka kamu bisa merubahnya dengan cara membatalkannya telebih dahulu. Masukkan printah shutdown -a, enter.
Cara Mematikan Komputer Secara Otomatis Tanpa Software
  • Setelah itu waktu yang tadinya sudah diterapkan yang berfungsi mematikan komputer secara otomatis sekarang sudah berhasil dibatalkan, dengan notif cancelled seperti gambar di bawah ini.
Cara Mematikan Komputer Secara Otomatis Tanpa Software
  • Selesai.

Nah, bagaimana sangat mudah bukan? sekarang kamu sudah berhasil membuat supaya komputer dapat mematikan sendiri alias mematikan komputer secara otomatis, dan selain itu kamu juga bisa membatalkan pemberian waktu dengan mudah.

Dikarenakan mungkin kamu salah memasukkan waktu yang dimana memang menggunakan detik, walaupun begitu kamu tetap bisa mengatur sendiri waktu untuk menentukan kapan komputer akan mati (Auto Shutdown).

Demikianlah pembasan saya kali ini mengenai cara matikan komputer secara otomatis tanpa software, dengan begitu jika kamu sedang mencari cara agar bagaimana PC/Laptop dapat mati dengan sendirinya, maka kamu bisa gunakan cara seperti ini untuk menentukan waktu sendiri agar komputer bisa mati secara otomatis. Semoga bermanfaat wassalam.

Kamu mungkin menyukai postingan ini

Tidak Ada Komentar:

Centang "Beri Tahu Saya" untuk mendapatkan notifikasi komentar balasan.

Iklan Atas Artikel

Iklan2

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel