-->

Cara Menjadikan Kamera HP Android Sebagai Webcam Komputer
Cara Menjadikan Kamera HP Android Sebagai Webcam Komputer

Cara Menjadikan Kamera HP Android Sebagai Webcam Komputer
Cara Membuat Kamera HP Jadi Webcam Komputer - Di jaman sekarang ini perkambangan smartphone memang terus-menerus mengalami kemajuan dengan banyaknya berbagai macam fitur yang bisa di manfaatkan untuk mempermudah dalam aktifitas kegiatan sehari-hari. Seperti salah satu contoh pada pembahasan kita kali ini yakni menjadikan kamera HP sebagai webcam pada PC/Laptop, hal seperti ini benar-benar sangat berguna untuk kalian yang ingin merekam secara langsung melalui kamera PC hanya dengan sebuah smartphone.

Karena pada dasarnya komputer desktop memang tidak memiliki sebuah kamera, yang dengan begitu kita harus membelinya terlebih dahulu perangkat yang bernama webcam sebagai alat tambahan, namun bagi pengguna laptop terkadang webcam yang sudah tersedia pun sering kali mengalami kerusakan ataupun hasil rekaman yang tidak begitu bagus. Oleh karena itu untuk dapat menghemat biaya apabila harus membeli webcam secara terpisah, maka kamu harus mencoba solusi yang tepat berikut ini yaitu menjadikan kamera HP sebagai pengganti webcam komputer pada umumnya.

Dengan menjadikan kamera HP sebagai kamera PC tentu sangat berguna untuk kamu yang ingin melakukan aktifitas, misalkan seperti melakukan chattingan maupun video call secara online di skype, comfrog dan lain sebagainya, hanya dengan menggunakan kamera HP saja sudah cukup sebagai pengganti webcam yang dapat digunakan sebagai mana mestinya.

Nah, maka dari itu pada kesempatan kali ini saya akan berbagi mengenai cara membuat kamera android menjadi wabcam pada komputer, cara seperti ini kamu juga bisa jadikan kamera HP sebagai CCTV di rumah akan tetapi tidak direkomendasikan, oleh karena itu lebih baik digunakan sebagai pengganti webcam pada umumnya untuk merekam sesuatu apapun melalui kamera HP yang langsung terlihat di layar monitor komputer.

Dan berikut ini kamu bisa langsung simak langkah-langkah nya untuk mengubah kamera HP android menjadi kamera PC (Webcam) dengan mudah tanpa harus melakukan root telebih dahulu. Oke kalo begitu langsung saja.

Cara Buat Kamera HP Sebagai Kamera PC

Sebelum itu, untuk dapat menjadikan kamera HP sebagai webcam kita akan menggunakan bantuan aplikasi yang dapat menghubungkan smartphone ke perangkat komputer, yang nantinya kamera HP bisa dijadikan sebagai kamera PC layaknya seperti webcam pada umumnya, dan berikut ini caranya.

  • Pertama-tama download aplikasi yang bernama IP Webcam di Google Play Store.
  • Kemudian buka aplikasinya, lalu disini kamu bisa langsung mengklik Start Server yang terletak di paling bawah.
  • Setelah itu kamu akan dibukakan kamera dan disitu terlihat IP di bagian bawah layar smartphone, yang nantinya berguna untuk di hubungkan ke perangkat PC/Laptop.
  • Selanjutnya IP tersebut kamu letakkan pada browser Chrome atau Firefox di perangkat komputer kamu.
  • Disini kamu bisa mengatur sendiri bentuk dari layar kamera yang diinginkan, dari Video renderer dan Audio player. Dan selain itu kamu juga bisa memanfaatkan fitur lainnya seperti merekam dan menyimpan hasil rekaman.
  • Selesai.

Nah, bagaimana sangat mudah bukan? sekarang kamu sudah berhasil membuat kamera HP menjadi kamera PC yang hanya dengan menggunakan aplikasi di andoid, dengan cara seperti ini kamu tidak lagi mendownload aplikasi untuk PC dikarenakan kamu sudah bisa menghubungkan nya melalui browser Chrome maupun Firefox.

Dan kini aktifitas yang terlihat melalui kamera HP juga akan terlihat secara langsung di layar komputer, yang menjadikan hal seperti kamera HP bisa dijadikan sebagai pengganti webcam pada komputer yang bisa digunakan sebagai mestinya.

Demikianlah pembahasan saya kali ini mengenai cara menjadikan kamera HP Android sebagai Wabcam komputer, dengan begitu jika kamu penasaran dan ingin juga memiliki perangkat webcam, maka kamu tidak perlu merogoh kocek karna kamu bisa sendiri mengubah HP android menjadi webcam dengan menggunakan cara seperti ini. Semoga bermanfaat wassalam.

Kamu mungkin menyukai postingan ini

Tidak Ada Komentar:

Centang "Beri Tahu Saya" untuk mendapatkan notifikasi komentar balasan.

Iklan Atas Artikel

Iklan2

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel