-->

Cara Mengubah Resolusi Layar Android Lewat PC, Lebih Gampang!
Cara Mengubah Resolusi Layar Android Lewat PC, Lebih Gampang!

Mengubah Resolusi Layar Android
Cara Merubah Resolusi Layar Android Tanpa Root - Mengubah resolusi layar android mungkin masih banyak orang-orang yang belum mengetahui bagaimana caranya. Karna memang, cara ini tidak terlalu dibutuhkan, namun bisa sangat dibutuhkan bagi sebagian orang untuk bisa mengecilkan layar android.

Secara default ukuran layar android memang sudah di atur dari pabrik, akan tetapI tidak menutup kemungkinan kalau kita juga bisa mengubahnya sesuai keinginan loh. Sebab tidak sedikit orang yang juga merasa tidak nyaman dengan resolusi layar yang sudah ditetapkan, karena tampilan dirasa tidak nyaman seperti kekecilan ataupun kebesaran.

Nah, untuk bisa mengubah resolusi layar hp android ada beberapa langkah-langkah yang harus dibutuhkan, sesuai judul kita akan melakukannya melalui PC yang menurut saya lebih mudah ketimbang menggunakan cara lain. Apalagi smartphone kalian belum memiliki akses root, maka lebih direkomendasikan melalui PC.

Cara merubah ukuran layar android ini bisa juga dilakukan untuk semua smartphone android, entah untuk Vivo, Xiaomi, Oppo, Samsung, dll. Meskipun begitu sebenarnya merk-merk android ini dari beberapa tipe atau seri sudah ada yang menyediakan fitur untuk mengubah resolusi layar secara gamblang, hal ini untuk memudahkan pengguna menemukan resolusi layar yang pas.

Akan tetapi jika ternyata android yang kamu gunakan tidak terdapat fitur demikian untuk merubah resolusi layar android, maka kamu tidak perlu khawatir. Sebab dengan cara yang akan kita lakukan kali ini kalian juga bisa mengatur ukuran layar android sesuai keinginan.

Cocok banget nih untuk kalian yang memanfaatkan ukuran layar saat sedang bermain game, dikarenakan resolusi layar android yang kecil bisa sangat menguntungkan dan dapat memberi kenyamanan pada tampilan layar game di android.

Ingin tahu bagaimana caranya? Simak penjelasan dan langkah singkat berikut ini mengenai cara merubah resolusi layar android lewat PC, yang bisa dilakukan dengan mudah tanpa aplikasi dan juga tanpa root.

Cara Ubah Resolusi Layar Android

Adapun beberapa alat yang dibutuhkan untuk mengubah resolusi layar android lewat PC, kita hanya perlu menggunakan cmd Minimal Adb and FastBoot, dan kalian bisa unduh lewat Google atau bisa langsung [disini]

Berikut langkah-langkahnya simak step by step.

Pertama,

Aktifkan Opsi Pengembang
  1. Buka Pengaturan ponsel
  2. Cari Tentang Ponsel lalu masuk ke dalam menu itu.
  3. Kemudian kamu akan melihat rincian spesifikasi hp kamu.
  4. Lalu pada bagian Versi perangkat klik 7 kali secara cepat
  5. Kemudian buka menu Opsi Pengembang dan aktifkan.

Sampai disini colokkan kabel USB dari kedua perangkat android dan PC.

Cara Mengatur Resolusi Android

Setelah sudah mengaktifkan opsi pengembang di android, maka langkah selanjutnya kita beralih ke PC untuk bisa mengatur besar kecilnya ukuran layar. Begini caranya.

1. Buka Minimal Adb and Fastboot kemudian ketikkan perintah adb devices untuk memastikan apakah android sudah terpasang. Apabila sudah, pasti akan terlihat daftar perangkat yang terpasang di bawahnya.

Cara Mengubah Resolusi Layar Android

2. Selanjutnya ketikkan perintah adb shell wm density. Sebelum mengatur resolusi layar kamu ketahui terlebih dahulu berapa pixel density pada layar android yang sedang kamu gunakan. Hal ini nantinya untuk bisa memastikan angka di atasnya atau di bawahnya dalam menentukan ukuran layar

Cara Mengubah Resolusi Android

3. Kemudian masukkan kembali perintah yang sama dengan tambahan angka, angka disini merupakan penentuan ukuran layar. Kamu bisa atur ukuran layar sesuai keinginan, dikarenakan pixel density saya berada pada 320 maka jika menentukan angka di bawahnya maka layar akan mengecil, dan begitupun sebaliknya.

Cara Mengubah Resolusi Android

4. Sampai disini kamu sudah berhasil merubah ukuran layar android lewat PC.

Dan hasil akhir akan terlihat seperti ini...

Cara Mengubah Resolusi Android

Nah, terlihat sekali kan perbedaan layarnya, dari yang sebelum diubah dan setelah diubah. Merubah resolusi layar android seperti ini sudah mencakup ke semua aplikasi, jadi jika kamu sudah menentukan ukuran kecilnya layar, maka otomatis semua aplikasi di dalamnya juga akan mengikuti.

Seperti dalam pembahasan, kalian juga bisa mengatur size layar android sesuai keinginan, bisa kecil dan bisa juga sangat kecil, ataupun sebaliknya.

Oh iyaa,,, jika kamu ingin mengembalikan resolusi layar ke seperti semula, ternyata caranya juga bisa dilakukan, karna kamu cukup berikan perintah reset untuk mengembalikan ukuran layar android ke resolusi default.

Caranya, kembali lagi ke cmd Minimal Adb and Fasboot kemudian ketikkan perintah adb shell wm density reset lalu klik enter, maka secara langsung resolusi layar android telah berubah ke ukuran default.

Cara Mengubah Resolusi Android

Dengan begitu berapapun ukuran resolusi android yang kamu ubah, kamu tetap bisa kembalikan ke seperti semula dengan mengetikkan perintah tersebut.

Begitulah pembahasan kita kali ini mengenai Cara Merubah Resolusi Layar HP Android. Oleh karena itu jika kamu ingin juga dapat mengubah resolusi android, maka kamu bisa lakukan melalui PC seperti langkah-langkah di atas. Semoga bermanfaat wassalam.

Kamu mungkin menyukai postingan ini

4 Komentar

Centang "Beri Tahu Saya" untuk mendapatkan notifikasi komentar balasan.

Iklan Atas Artikel

Iklan2

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel